12 Nov

The First Ngesod to MT.Gede-Pangrango

_DSC0167

Hari itu tanggal 6 September 2013, saya beserta 6 dari 32 murid 12 IPA 3 SMAN 1 Cibadak melakukan langkah awal dalam memulai pendakian di MT.Gede-Pangrango tepatnya pukul 19.15 WIB melalui jalur Cibodas.

Sebelumnya bukan hanya bertujuh yang akan mengikuti pendakian ke gunung gede, melainkan 2/3 murid kelas 12 IPA 3 yang akan mengikuti pendakian ini. Hanya saja beberapa orang tidak memenuhi salah satu persyaratan nanjak ke puncak gunung gede, yaitu perizinan dari kedua orang tua kita. Nah, kita tau sendiri lah izin dari orang tua itu sangat amat penting demi kelancaran kita di perjalanan. udah pernah dengerkan tentang “izin orangtua berarti izin Allah juga” dan sebaliknya (so iya ini) ๐Ÿ˜€

Dan Kami melakukan persiapan kurang lebih seminggu sebelum pendakian, yaaa cukup merepotkan pula persiapannya, soalnya kita kan baru pertama kali muncak -_- cukup sulit juga untuk mempersiapkan matras, sleeping bag, tenda, sendal gunung, jaket gunung, jam gunung(gak penting), kompor mini beserta gasnya, makanan, dan jangan lupa bawa headlamp ๐Ÿ˜€

Awal keberangkatan kami dari sukabumi, setelah pulang sekolah pukul 13.00 WIB kami segera menunggu di gang rumah masing masing, kecuali saya langsung menuju yang punya mobil (si sompret) dan berangkatlah pukul 14.00 WIB dengan perjalanan santai, nunggu yang ngaret dan diiringi oleh rintik hujan yang pada saat itu membuat kami gelisah juga, karena cukup merepotkan apabila muncak gunung eh ujan -_- dan alhamdulillah kami sampai di tujuan awal kita mendaki dan juga tidak terjadi hujan ๐Ÿ˜€ kami sampai sekitar pukul pukul 5, lalu beristirahat sejenak diย green ranger cibodas sekalian repacking (bahasa naon eta -_-).

tepat pukul 19.15 kami mulai muncak, dengan udara yang dingin cukuplah menusuk pori pori kulit whaha dan entah mengapa perasaan takut dimulai (ya seremlah namanya malem jalan di kebon gitu –“) belum seberapa jauh ya teman perempuan yang ikut sudah kelelahan ga jelas gitu -_- ya bisa dibilang jalannya emang agak nanjak sih. kamipun melanjutkan perjalanan dengan banyak istirahatnya, tapi lain kali jangan banyak istirahat karena semakin banyak istirahat tubuh kita akan terasa dingin, yaa banyakin gerak aja gitu. perjalanan kami dimalam hari sih biasa saja, yaaa kan ga ada yang bisa dilihat juga kalo malem :v tapi di jalur pendakian ternyata banyak orang lain pula yang melakukan pendakian. dan hal yang paling saya sukai tentang pendaki itu ketika kita saling berpapasan kita pasti senyum, saling sapa dan menghormati hhe berbeda dengan di Mall yah wkwk. setelah perjalan kami sudah cukup lama, lalu kami menyempatkan istirahat dengan sedikit menghangatkan tubuh dengan memasak air untuk kopi, susu, mie dan lain sebagainya ๐Ÿ˜€ setelah itu melanjutkan perjalan dan tak lama kami melewati air panas, sangat panas bahkan, dan sangat mengerikan curamnya -_- dan saya beserta salahsatu teman saya melihat hal yang sedikit agak aneh juga (mistislah pokoknya) tapi kami berdua lebih memilih tidak menceritakannya terlebih dahulu ahaha lalu di putuskan untuk beristirahat di entahlah pos apa namanya pada pukul 12.30 dan terlelap tidur.

setelah terbangun dari istirahat suhu udara mungkin mencapai 10 derajat celcius begitu dinginnya di sana serasa ingin berolahraga memanaskan tubuh, dan kami benar benar bergegas melanjutkan perjalan kembali pada pukul 3.00 pagi itu dan sampailah di Kandang Badak pada pukul 5.00 dan kembali beristirahat, dan ternyata saat matahari sudah menerangi bumi ini banyak sekali orang yang nge camp di kandang badak -_-

_DSC0038

kami sarapan dan langsung menuju puncak, pemandangannyapun jauh lebih baik lagi soalnya sudah benar benar munuju puncak gunung gedenya, ya jalannya juga lebih tajam juga ๐Ÿ˜€ perjalanan kami pagi itu cukup santai dengan melakukan banyak pemotretan gitu -_- saking benar benar katroknya naek gunung, padaahal rumah ane aja udah ada di kaki gunung ya -_- lebih banyak istirahat pula pada perjalanan ini, lebih banyak ngobrolnya, dan lebih cepet capeknya. Saya melewati jalur tanjakan setan gitu ya memang membutuhkan tali untuk naik ke atasnya hhe meskipun ada jalan alternatif lainnya. beberapa waktu berlalu dan sampailah kami di puncak gunung gede tepatnya pukul 11.00 ๐Ÿ˜€ asli luar biasa capeknya seketika hilang dengan melihat pemandangan yang amat luar biasa, tebingnya, kawahnya, awannya, subhanallah semakin saya merasa dekat dengan ciptaanya, semakin saya merasa dekat dengannya ๐Ÿ™‚ (ini apa :o) dan kalian perlu tau juga, di puncak itu udaranya dingin ketika siang sih yang ada jadi paranas tiris -_-

_DSC0290

Tidak lama kami di puncak, kami menuju alun alun kira kira 1 jam dari puncak, dan kami menghabiskan waktu seharian di alun alun suryakencana, di sana air mentah pun begitu sangat segarnya dan bahkan saya merasa air di sini lebih nikmat dari biasanya ^^ bergegas mendirikan tenda, melihat lihat edelwies juga dan masak masak untuk makan sekaligus jangan sampai kalian melupakan shalat jikalau muncak gunung yaaaa, itu bukan alasan buat ninggalin ^^ di puncak gunung saking gak ada kerjaan apa apa jadi kita cuma bisa bikin nyajiin makanan yang kita bawa, jadi buat para cewe bukannya nurunin berat badan naek ke gunung itu malah sebaliknya wkakak

haripun mulai gelap, kami bergegas mempersiapkan suluh untuk api unggun malam ๐Ÿ˜€ udara malam benar benar mulai menusuk pori pori kulit, sungguh dingin, dingin sekali, beruntung sekali ada api unggun yang bisa menghangatkan. di saat itu pula kami menikmati indahnya bintang yang sangat banyak dan terang, belum sebelumnya saya melihat bintang begitu indahnya ๐Ÿ™‚ bahkan kata kata tidaklah cukup untuk mendeskripsikan ini semua, aaarrrrgggg saya ingin ke sana lagi ๐Ÿ˜€ saat api unggun sudah habis kami bergegas beristirahat, dan istirahat kali ini cukup nyaman karena menggunakan sleepingbag tidurnya -_- yang di atas itu ane ga pake sleeping bag, karena males buka tasnya -_- ya meskipun tidur kali ini sangat nyaman, tapi kami mati rasa saat bangun dari tidur ๐Ÿ˜ฎ karena suhu udara yang sangat rendah, benar benar baal, membuka resleting saja sangat sakit -_- apalagi kami harus membenahi tenda pada pukul 4 tersebut -_- masyaallah benar benar ingin segera siang, namun kami memaksakan sekuat kami sampai selesai beres beres pukul 5 pagi dan berangkat ke puncak gunung lagi untuk melihat sunrise, subhanallah sekali sunrise di puncak gunung gede begitu indahnya ๐Ÿ™‚ oh iya saya juga bisa menempuh perjalanan dari alun alun surken ke puncak cuma stengah jam kurang soalnya ya saya lari duluan ahaha

kami menikmati indahnya sunrise dan melaksanakan shalat subuh di puncak (kerenkan ? ahaha) mencari signal pula meskipun hanya dapat beberapakali bisa sms (sempet-sempetnya). pulanglah kami sekitar pukul 8 pagi dan banyak pendaki lain (bule juga ada) baru sampai pula di puncak, saya senang bisa berbagi senyum dengan pendaki lain, begitu pada sopannya mereka pula ๐Ÿ˜€ kita hanya beberapa kali beristirahat saat pulang, si sompret pula sempet nyasar -_- asruk asrukan wae atuda :v dan menyempatkan diri mengunjungi air terjun cibodas dan mendi di sana haaha tak lama setelah itu kami sampai di mandalawangi untuk menunggu jemputan datang ๐Ÿ˜€ wesh alhamduliilah kami sampai di rumah dengan selamat pula ๐Ÿ˜€ oh iya kami buang air besar di darat aja sih cukup dengen tissue basah untuk membersihkannya :v rajanya BAB ya si mas ganteng udah berapa kali ya dia bokernya -_-

dari perjalanan yang kami lakukan banyak sekali pelajaran berharga di sana, kamu akan mengerti apa maksud dari kata “pengalaman ย takkan bisa dibeli” noh rasanin aja deh mantaf :v bahkan saat kita ingin ke puncak gunung saja kita harus bersusah payah, lelah banget lah intinya demi pemandangan yang sangat indah itu, nah begitu juga dalam kehidupan kita, kita harus berjuang demi mendapatkan apa yang kita inginkan, niscaya itu akan indah ^^

dan sempat sempatnya saya menuliskan kata “langkah kaki saya pada saat ini sangatlah amat lebih jauh dari pada saya mengenal lebih jauh apa yang disebut dengan CINTA wkakak -_- ini labil banget #parah

udah ya penutupnya biar ga jelas, yang penting kalian bisa ngerasain dari cerita saya meskipun cuma sedikit banget ๐Ÿ˜€ ahaha